Kamis, 30 Juni 2011

Serial Muslimah 2: Mengapa Wanita Muslim Memakai Jilbab..?

            Sahabat, banyak sekali nikmat yang Allah anugerahkan kepada kita.  Bernafas, berjalan, mendengar, melihat, wajah yang rupawan, orang tua yang baik, merupakan sebagian kecil contoh nikmat Allah yang setiap saat kita rasakan. Sungguh terlalu orang tidak mensyukuri nikmat-nikmat Allah,  apalagi kita yang mengerti fisiologis tubuh kita dan kompleksnya sistem-sistem yang bekerja dalam menopang kehidupan kita.  Pertanyaannya, apakah kita termasuk orang yang bersyukur?  Orang yang bersyukur tentu yang menggunakan nikmat yang Allah berikan dengan cara yang disukaiNya, mematuhi perintahNya dan meninggalkan laranganNya.
Sahabat, kembali tentang, mengapa wanita muslim memakai jilbab? 
Jawabannya, tentu karena itu merupakan perintah Allah. Ada banyak, lho, landasan menutup aurat bagi wanita dalam Al Qur’an maupun hadits, di antaranya dalam surat Al Ahzab ayat 59,
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu, dan isteri-isteri orang mukmin:’Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. ‘yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S. Al Ahzab 59)
dalam QS An Nuur 31, Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya,..”
Dan juga dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Rasulullah bersabda, “Wahai Asma’ sesungguhnya seorang wanita itu apabila telah baligh (haidh) maka tidak boleh baginya menampakkan tubuhnya kecuali ini dan ini, seraya menunjukkan wajah dan telapak tangannya.”
Sebagai contoh kuatnya iman dan semangat dalam berislam, pada zaman Rasulullah, para shahabiyah (sahabat wanita), setelah turun ayat tentang hijab maka mereka bersegera mengambil dan mengenakan kain yang bisa mereka pergunakan untuk menutup aurat mereka pada saat itu juga. Waw.. bandingkan dengan kondisi kita saat ini...  dan berarti jilbab itu bukanlah hanya budaya Arab, tapi budaya Islam, karena wanita Arab dahulu, sebelum perintah berhijab pun, tidak memakai jilbab.
Nah.. ayo...! Bagi sahabat yang belum, tidak ada salahnya mencoba memakai jilbab dari sekarang.  Karena kalau menunggu besok, tidak ada yang tahu apa kita masih diberi Allah kesempatan hidup esok hari. Dan bagi sahabat yang sudah, mari ‘istiqomah’, semoga jilbabnya tetap dipakai di luar atau pun di dalam kampus.... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar